Tips Sederhana Mengatasi Bayi Diare



Diare pada bayi bisa menjadi berbahaya jika tidak diatasi dengan baik. Namun jangan panik jika bayi tiba-tiba terkena diare. Sebab sebenarnya diare bisa diatasi dengan cara yang mudah.

Cara-cara rumahan bisa digunakan untuk mengatasi diare pada bayi. Nah, berikut ini cara-cara pengobatan diare pada bayi seperti dikutip dari Boldsky :

1. Beri Cairan

Saat diare, bayi akan kehilangan banyak cairan dari tubuhnya sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Jika bayi Anda masih meminum ASI, maka berilah dia ASI secara reguler. Memberikan banyak cairan akan membuat tubuh bayi terhidrasi.

2. Air Campuran Gula dan Garam

Bati akan keholangan garam dalam tubuhnya yang keluar melalui diare. Maka itu berikanlah air campuran gula dan garam pada bayi Anda. Mungkin Anda perlu sedikit memaksa bayi Anda untuk minum air ini karena rasanya memang tidak enak.

3. Beri Makanan Sederhana

Jangan beri bayi Anda sereal kompleks atau makanan bayi saat diare. Sebagai gantinya beri mereka makanan yang Anda masak sendiri seperti bubur, apel kukus, atau pisang.

4. Pijat Gusi

Kadang-kadang diare pada bayi dikarenakan rasa sakit karena tumbuh gigi. Untuk mengatasinya, berikan bayi Anda mainan yang nyaman untuk 'dikunyah'. Anda juga dapat memijat gusi bayi dengan jari-jari Anda untuk meringankan rasa sakit.

Jika bayi masih terus diare setelah Anda berikan pertolongan ini, maka segeralah bawa ke dokter. Meski tampaknya sepele, namun diare bisa menyebabkan kematian. Karena itu tanganilah dengan baik.

( sumber : health.detik.com )



 

Komentar

  1. kasihan sekali jika si kecil sakit, tapi biasanya penyebab bayi diare apa kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bijak Mengatasi Anak yang suka Memukul

Membersihkan Noda pada Pakaian