Penyakit Kuning pada Bayi


Bayi Bunda berwarna kuning sejak lahir? Tak perlu panik dulu, Bun. Banyak bayi-bayi lahir dengan kondisi tubuh berwarna kuning. Meski begitu Bunda perlu juga mengetahui mana kuning yang berbahaya mana yang tidak supaya penanganannya tepat.

Sebenarnya kuning pada bayi dikarenakan kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. Hemoglobin dalam darah bayi saat di kandungan berbeda dengan hemoglobin ketika bayi lahir. Saat bayi lahir sel darah merah merusak hemoglobin lama (hemoglobin saat bayi dalam kandungan) dan menggantinya dengan hemoglobin yang baru. Pergantian hemoglobin ini mengakibatnya penumpukan bilirubin sehingga bayi tampak kuning.

Biasanya bilirubin akan hilang  setelah dua atau tiga minggu. Kuning seperti ini termasuk kuning fisiologis yakni kuning yang tidak berbahaya. Biasanya dokter hanya menyarankan supaya Bunda memberikan ASI dan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.


Tanda-tanda kekuningan pada bayi yang normal atau tidak perlu dicemaskan antara lain :
  •     Timbul pada hari 2 dan 3.
  •     Menghilang dalam 10 hari.
  •     Sklera mata kuning.
  •     Warna urine biasa.
Jika kuning tidak hilang dalam 10 hari, segera bawa ke fasilitas kesehatan / Rumah Sakit.

Cara penanganan kuning pada bayi antara lain :
  1. Beri ASI yang banyak karena dapat merangsang peristaltik usus untuk mengeluarkan mekonium (BAB bayi baru lahir berwarna hitam) sehingga peredaran enteropatik berkurang.
  2. Menyusui sedini mungkin (Inisiasi Menyusui Dini).
  3. Memantau kecukupan ASI.
  4. Jemur bayi pada sinar matahari pagi selama 5-10 menit, berfungsi sebagai photoisomerasi, fotooksidasi  yang dapat menghasilkan bilirubin larut dalam air. Sewaktu menjemur bayi, tutup bagian mata dan alat kelaminnya agar tidak terpapar panas secara langsung. Waktu penjemuran bayi yang baik dilakukan sebelum pukul 10.00, setelah dipijat bayi, kemudiandi dinginkan sebentar baru dimandikan.

( sumber: infobunda.com & ibu dan balita )


Komentar

  1. artikel yang sangat cocok, untuk ibu2 muda, yang masih minim pengalaman serta penanganan
    tp semoga, lahir dalam keadaan sehat aja mba, jauh lebih baik bukan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sehat memang jauh lebih baik dan harapan semua orangtua kan ya buah hati selalu sehat..terimakasih kunjungannya :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Bijak Mengatasi Anak yang suka Memukul

Membersihkan Noda pada Pakaian